Rabu, 05 Desember 2012

Berbagi tips jadi moderator dalam persentasi

Sekitar beberapa bulan yang lalu saya dapat tugas jadi moderator dalam seminar. Sempat bingung dengan posisi moderator ini mau berbuat apa. Akhirnya dengan bantuan "om google" dapat sedikit bahan tentang tugas  dan tanggungjawab moderator ini. Dan sekarang ingin membagikan bahan yang saya peroleh buat teman-teman yang juga sedang butuh info tentang moderator.

Moderator adalah seseorang yang bertugas untuk memoderasi dan mengawasi jalannya diskusi yang menjadi tanggung jawabnya dengan tujuan utamanya adalah agar diskusi dapat berjalan dengan baik dan benar sesuai dengan topiknya serta berlangsung secara kondusif.
Dalam mengarahkan, moderator menjaga agar seminar tidak melenceng dari tema. Dengan memoderasi, moderator menjaga agar tidak ada satu orang atau satu ide tertentu yang terlalu mendominasi seminar sehingga seluruh tema seminar tidak tereksplorasi dengan baik.
Sebelum seminar, seorang moderator harus telah membaca tema yang akan diseminarkan, menyiapkan catatan tentang tema tersebut, menentukan kata-kata kunci, dan menyusun pertanyaan-pertanyaan kunci yang nantinya akan ditanyakan di dalam seminar. Di awal seminar moderator dapat menuliskan terlebih dahulu poin-poin yang akan didiskusikan atau menggambarkan sebuah diagram yang mencerminkan ide yang akan didiskusikan.
Seorang moderator yang baik harus bisa jadi seorang pendengar dan pembicara yang baik. Moderator harus mampu menangkap maksud sebuah pembicaraan dan membuatnya lebih jelas, serta mampu memparafrasekan sebuah pertanyaan menjadi pertanyaan lain yang lebih jelas.

Singkatnya, Tugas dan Tanggungjawab Moderator itu antara lain:
1.    Tugas pertama moderator adalah membuka jalannya presentasi diskusi/ seminar/ lokakarya dan mengendalikan jalannya diskusi di forum.
2.    Menguraikan secara singkat latar belakang dan tujuan presentasi.
3.    Memperkenalan penyaji dan tema presentasi.
4.    Mengundang pembicara menyajikan presentasi.
5.    Menentukan waktu persentasi dan mekanisme tanya jawab dengan peserta diskusi.
6.    Merangkum secara umum inti presentasi penyaji yang telah di catat notulis.
7.    Mengundang peserta diskusi untuk bertanya.
8.    Mengucapan terimakasih kepada penyaji dan peserta diskusi.
9.    Menutup sebuah presentas seminar/ diskusi/ lokakarya.
10.    Mengawal dan mengawasi jalannya diskusi di forum yang menjadi tanggung jawabnya agar berjalan sesuai dengan topiknya.
11.    Memberi penjelasan dan bimbingan terhadap peserta agar suasana tenang namun tidak tegang.
12.    Moderator harus dapat menciptakan ide atau topik baru agar diskusi di forum menjadi lebih hidup dan dinamis.
13.    Memberi peringatan kepada peserta apabila diskusi di forum melenceng dari topik bahasannya atau Out-Of-Topic (OOT).
14.    Melakukan tindakan menyortir, menghapus, memindahkan maupun memecah topik tertentu apabila diperlukan agar supaya diskusi di forum bisa lebih fokus dan kondusif.
15.    Memberikan peringatan kepada peserta yang dianggap menyalahi peraturan dan atau dianggap mengganggu, mengacaukan atau berpotensi menimbulkan hal-hal yang merugikan forum, dengan bahasa yang baik dan sopan.
16.    Memberikan jalan tengah apabila terjadi konflik yang berkepanjangan.
17.    Menjalankan tugas dan tanggung jawab nya sesuai dengan peraturan.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat buat pembaca sekalian..... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar